Cara Bikin Pedang Menyala ala Star Wars

Sejak George Lucas mengenalkan Star Wars: A New Hope hampir empat puluh tahun lalu, anak-anak di seluruh dunia telah tersihir oleh kehebatan pedang menyala, Lightsaber. Satu jenis Lightsaber berwarna biru dipakai para Jedi, pedang merah menyala dipakai lawannya, gerombolan Sith.
Kemampuan pedang menyala ini jauh lebih hebat ketimbang pedang mana pun yang pernah dibuat manusia. Jangankan cuma daging manusia atau batang pohon, baja tebal pun jadi selunak tahu di depan Lightsaber. "Ini senjata yang elegan bagi zaman yang lebih beradab," kata sang master Jedi, Obi-Wan Kenobi, di Star Wars: A New Hope.
Lightsaber, paling tidak sampai hari ini, masih sebatas khayalan George Lucas. Prakteknya, saat ini hampir mustahil untuk membuat pedang menyala seenteng, sekecil, dan sehebat Lightsaber. Satu teknologi yang mungkin dipakai untuk Lightsaber, menurut Gianluca Sarri, dosen di Universitas Queen's, Belfast, Irlandia Utara, adalah laser.
Tapi ada sejumlah masalah, menurut Gialuca, yang bakal sulit dipecahkan jika ingin meniru pedang milik Obi-Wan Kenobi dan Darth Vader. Laser, seperti halnya sifat cahaya, akan terus memanjang kecuali dipantulkan atau terhalang sesuatu. Padahal panjang Lightsaber hanya sekitar 1,2 meter. Bagaimana caranya membuat laser sependek itu?
"Kita mungkin bisa memasang kaca kecil di ujung pedang.... Tapi betapa memalukannya membawa pedang ke tengah pertarungan dengan kaca kecil di ujungnya," Gianluca menulis di The Conversation. Pedang seperti itu juga tak ada gunanya dalam pertarungan.
Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi/FanPop

Satu persoalan besar lain untuk membuat Lightsaber dengan teknologi laser adalah listrik. Butuh sumber listrik sangat besar untuk membuat pedang laser yang mampu memotong baja seperti tahu. Sumber listrik sebesar itu mustahil disimpan di ruang sekecil gagang pedang. Yang pasti, listrik sebesar itu bakal menghasilkan panas yang sama besarnya.
Share on Google Plus

About Juniansyah

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment